Takutnya Beda Banget dengan Rahasia Ilahi

kontributor: isman tho le'

Nonton ini felem Apocalypse Now memang bikin takut. Gak percaya? Tonton aja sendiri. Di situ nanti kita bisa lihat gimana orang pinter-pinter kok jadi sakit jiwa gara-gara perang. Saya jadi takut pinter gara-gara nonton felem ini. Bayangkan, Marlon Brando, pemeran Kolonel yang mesti dibunuh tokoh utama itu, tahu dan hapal puisinya TS Eliot: “The Hollow Man”: ... We are the hollow man. Terus ada lagi lagunya The Doors, The End: This is the end, my only friend, the end, of all our elaborate plan, the end.

Saya jadi mikir, kalau begitu, buat apa saya baca banyak-banyak buku, lihat lukisan, banyak nulis, nonton felem-felem bermutu maupun yang gak bermutu, mencintai musuh-musuh saya, kalau akhir-akhirnya saya nanti jadi orang superpinter kayak sang kolonel itu, tetapi sakit jiwa?

Pokoke felem ini bikin takut, tapi takut yang asyik dan cerdas (hehehe, ada juga jenis takut!!). Jenis yang ini ni bukan takut kayak kalau nonton felem horor jaman sekarang yang sama sekali gak hororable, tapi malah hornible (abis ceweknya cakep-cakep). Mo dibandingkan apa lagi: Suster Ngesot atau Rahasia Ilahi. Aduh, kok jeglek sekali bandingannya.

Ceritanya, ada seorang tentara, pangkatnya kapten AD Amerika, ditugasi mencari seorang kolonel jenius yang menjelma jadi pembunuh berdarah dingin. Ketemu, dan si tokoh utama berhasil membunuh kolonel itu. Mission accomplished, tapi jiwa sang kapten not accomplished.

Gimana gak? Dia sempat ngobrol sama si kolonel, dan dia jadi tahu alasan kenapa si kolonel berubah jadi pembunuh. Alasan yang bisa dibilang masuk akal bisa juga dibilang gak masuk akal, tapi tetap nyambung (pokoke nyambung, gak tahu gimana. Pokoknya nyambung dan saya juga dikit bingung).

Sekali lagi, the last (sumpah deh), felem ini memang bakal bikin penontonnya takut, takut kepada diri sendiri, karena kita jadi sadar bahwa kita yang selama ini mengagungkan diri sebagai makhluk mulia, pilihan Tuhan, gak taunya juga punya sisi-sisi gelap yang tidak diakui oleh peradaban kita.

Padahal, apa susahnya sih mengakui sisi-sisi gelap itu? Bukankah kita terus bisa tahu apa yang kurang pada diri kita, terus kita bisa memperbaikinya (ceile... sok pilsup).

He he he, sori, yang ini bener-bener terakhir. Nonton ini felem memang bikin takut. Gak percaya? Tonton aja sendiri. Menyebalkan ya ulasan saya. Kalau iya, maapin deh.

Judul: Apocalypse Now
Sutradara: Francis Ford Coppola
Pemain: Martin Sheen, Marlon Brando, Robert Duvall, Harrison Ford, dll
Produksi: Zoetrope Studio, 1979

0 comments: